Minggu, 15 Agustus 2010

Sketsa

 Definisi:

  1. lukisan cepat (hanya garis-garis besarnya)
  2. gambar rancangan; rengrengan; denah; bagan
  3. pelukisan dengan kata-kata mengenai suatu hal secara garis besar; tulisan singkat; ikhtisar ringkas
  4. adegan pendek pada suatu pertunjukan drama

membicarakan sketsa adalah membicarakan tradisi perekaman proses belajar yang sekarang langka, karena dilakukan oleh sedikit orang dan berkenaan dengan munculnya teknologi baru digital yang tidak melibatkan indera-indera tubuh sepenuhnya.
 
tradisi ini sebenarnya berkembang subur di banyak produsen seni [seniman], banyak yang melakukannya. dulu, sebelum dikenalnya teknologi baru itu. seniman tari, pemusik, dan pembuat film ternyata juga mengandalkan sketsa tangan ketika merencanakan karya mereka.
sedangkan teknologi baru itu telah menyihir banyak orang, padahal mereduksikan hal-hal prinsip, meski juga menyumbang kebaruan yang lebih baik.
 
salah satu dari mereka yang berkebiasaan membuat sketsa adalah arsitek eko prawoto. meski sejak lama ia suka membuat sketsa, namun dia mengalami perubahan besar ketika kuliah di berlage belanda, yang karenanya dia berkesempatan berkelana ke bagian-bagian lain dunia. nama berlage itu sendiri punya makna dalam hubungan dengan sketsa, perjalanan dan indonesia. hanya cara dia membuat sketsa agak berbeda dari eko, yang malah mirip dengan cara yang dilakukan maclaine pont. arsitek belanda yang hidup sejaman dengan berlage yang juga –mirip dengan eko- menyukai studi tentang bambu.
 
mereka bertiga pernah tinggal di jawa dan belanda. mereka adalah orang-orang yang dengan cara tertentu menyikapi perubahan karena modernitas. seperti orang yang gagap atau ragu, atau di ambang batas.

0 komentar:

Posting Komentar