Rabu, 04 Agustus 2010

Windows Media Player mengambil alih file exe

Mungkin postingan ini dah banyak tersebar di dunia maya, tapi ku hanya sekedar berbagi ilmu dan pengalaman ku yang memang baru terjadi akhir-akhir ini. Pada mulanya, aku di sms sama temenku klo laptopny bermasalah, dan masalahnya karena setiap dia buka program atau sesuatu yang berekstensi .exe maka yang akan membuka program tersebut adalah Windows Media Player ( biar gampang, kita singkat WMP aja ya). Kesimpulan mentah ku pada saat itu mungkin itu disebabkan oleh virus atau salah klik pada open with

HARI 1

  1. Yang pertama ku test adalah membuka file .exe-nya, dan ternyata memang program yang membukanya  adalah WMP.
  2. Kemudian aku scan laptopnya, sambil nunggu aku coba-coba buka command prompt dan system restore, namun kedua-duanya nggak bisa di buka (aku mulai frustasi).
  3. Scan selesai, namun nggak ada virus yang terdetect sama sekali.
  4. Aku pun minta waktu buat minta bantuan dari mbah Google
HARI 2
Setelah browsing malam-malam, aku dapat beberapa pemecahan masalahnya
  1. Aku dapat file registry yang ku wnload dari : http://www.vistax64.com/tutorials/233243-default-file-type-associations-restore.html
  2. Tapi itu khusus vista dan seven, kalo xp yang ini : http://www.notesbit.com/index.php/web-mysql/windows/windows-xp-file-association-fixes/
  3. Setelah file registry yang terinstall, sejujurnya aku masih kurang percaya, jadi aku coba edit manual
  4. Buka Task Manager, kemudian ku berharap command prompt bisa di buka, dan ternyata bisa! Caranya Tekan CTRL-ALT-DEL  untuk membuka task manager, lalu pada tab application, klik new task, dan ketik cmd.
-    Pada cmd ketik regedit.exe lalu tekan Enter
-    Kemudian akan muncul tampilan dari registry editor
-    Masuk ke key berikut HKEY_CLASSES_ROOT \. Exe
-    Pada sisi kanan, ubah nilai Default Key menjadi exefile
-    Kemudian masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT \ exefile \ shell \ open \ command
-    Pada sisi kanan ubah nilai Default Key menjadi “% 1″% *
-    Selesai, lalu keluar dari Registry Editor dan restart computer.
-    Daaan, vooaaallla…. Semua program yang berekstensi .exe kembali normal
Namun, iconnya masih tetap icon dari WMP, untuk menggantinya, cukup ambil dari program files dan delete icon-icon WMP yang masih tersisa di desktop. Caranya? Buka My Computer => C: => program files => lalu pilih folder dari program yang bersangkutan, misalnya Adobe Reader, setelah masuk ke folder Adobe Photoshop, cari file Adobe Photoshop  yang berekstensi .exe, lalu klik kanan dan pilih Send To : Desktop (create shortcut)

0 komentar:

Posting Komentar